Tugas 2 : System Request Aplikasi Warteg APSI (E)

System Request adalah suatu sistem yang mendokumentasi permintaan bisnis dengan melakukan sebuah evaluasi dalam membangun suatu sistem. Sistem ini dibuat oleh Project Sponsor yang menjadi alasan dasar projek keperluan bisnis dalam menganalisa sistem yang dibuat.

System Request memiliki suatu siklus yang dikenal dengan nama Siklus Hidup Pengembangan Perangkat Lunak/ Software Development Life Cycle (SDLC). Dalam proses pengembangan suatu project sistem, pasti memerlukan suatu tahapan atau urutannya. Urutan ini termasuk dalam siklus SDLC yang memiliki 4 komponen utama sebelum proses launching project dimulai. Yaitu :

1. Planning

Dalam tahapan ini lebih difokuskan dalam hal 'Mengapa system ini dibuat?' dan 'Apa saja manfaat pembuatannya?'. Di dalam tahapan planning terdapat pula tahapan yang lebih terfokuskan untuk pemrosesannya, seperti mengidentifikasi nilai bisnis, analisis kelayakan System Request/Proposal, dll.


2. Analysis

Dalam tahapan ini lebih difokuskan dalam hal 'Apa, Untuk Siapa, Dimana, dan Kapan system ini dibuat?'. Di dalam tahapan analysis terdapat pula tahapan yang lebih terfokuskan untuk pemrosesannya, seperti pengumpulan kebutuhan pengguna, dll.


3. Design

Dalam tahapan ini lebih difokuskan dalam hal 'Bagaimana system ini akan bekerja?'. Di dalam tahapan design terdapat pula tahapan yang lebih terfokuskan untuk pemrosesannya, seperti desain arsitektur, desain antar muka, desain data, dll.


4. Implementation

Dalam tahapan ini merupakan komponen utama yang menjadi akhir dari siklus SDLC yang lebih difokuskan pada tahapan pada 'System Delivery' dan 'Support Completed System'. Di dalam tahapan implementation terdapat pula tahapan yang lebih terfokuskan untuk pemrosesannya, seperti konstruksi sistem, pengujian/testing, dll.


Dalam System Request sendiri, memiliki 5 komponen penting yaitu :

  • Project Sponsor
  • Business Need
  • Business Requirement
  • Business Value
  • Special Issue/Constraints


System Request Aplikasi Warteg
Project Sponsor Pemilik Warung
Business Need Sistem ini bertujuan untuk memudahkan pemilik warung dalam menghitung keuntungan dan kerugian penjualan, memudahkan kegiatan transaksi di warung dengan aplikasi kasir, memudahkan dalam mengolah data, sehingga dapat meningkatkan penjualan warung dan juga meningkatan pelayanan konsumen.
Business Requirement Beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi oleh sistem antara lain aplikasi harus user friendly, dapat mengakses transaksi pembelian konsumen, dapat mengakses toko atau supplier yang menjual kebutuhan warung, membuat pelayanan warung secara online agar lebih memudahkan masyarakat mengaksesnya dimanapun dan kapanpun, serta adanya real time update untuk informasi stock yang tersedia
Business Value Meningkatnya efisiensi pengolahan data, mengurangi terjadinya kesalahan data ataupun eror yang akan terjadi, proses menjadi lebih cepat dan mudah untuk mengatur pembelian serta transaksi yang terjadi dalam warung, pemilik warung akan dimudahkan dengan adanya real time update stock.
Special Issue or Constraints Keamanan data harus diperketat dari akses yang tidak diinginkan, masyarakat yang tidak semuanya bisa melakukan transaksi secara online karena masih ada yang belum melek teknologi (terutama golongan orang tua), dan memerlukan integrasi untuk mengakses data dari sistem lain

Comments

Popular posts from this blog

PPL : Pertemuan 2

PPL : Pertemuan 7

PWEB A : HTML Undangan