Final Project Pemrograman Web B

Nama : Hanafi Satriyo Utomo Setiawan

NRP : 5025211195


"APLIKASI PENCARIAN INFORMASI BUKU STUDI KASUS : TOKO BUKU KARIMA CABANG KOTA SALATIGA"

referensi : https://repository.usd.ac.id/32366/2/045314075_Full.pdf

- Buatlah deskripsi studi kasus pemrograman web (individu)

Pada toko buku Karisma cabang kota Salatiga, terdapat banyak sekali buku yang dijual. Apabila para konsumen mencari secara manual buku yang ingin dibeli, maka dapat membuang banyak waktu. Aplikasi pencarian informasi buku yang dibangun ini diharapkan dapat membantu para konsumen dalam mencari sebuah informasi tentang buku yang akan dibeli. Pencarian yang dilakukan dengan cara konsumen meng-input-kan keyword ke dalam sistem ini yaitu berupa judul buku, nama pengarang, ataupun penerbit buku tersebut. Informasi buku yang disajikan kepada konsumen meliputi: ada tidanya buku yang dicari, judul, pengarang, penerbit, sinopsis, harga, gambar dan letak lokasi buku.

Sistem aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP Macromedia Dreamweaver MX 2004 dan menggunakan database server MySQL 5.0 yang bekerja di bawah sistem operasi Windows. Metode pencarian yang digunakan adalah boolean retrieval model. Hasil akhir yang diperoleh adalah sebuah aplikasi pencarian informasi buku yang dapat berfungsi untuk mencari buku berdasar keyword judul buku atau nama pengarang, dan dapat memberikan informasi apakah buku tersebut ada beserta letak lokasi buku.

- Buatlah rancangan umum arsitektur atau fitur yang ada dalam aplikasi (individu)

Sistem yang dibuat berupa aplikasi pencarian yang dikelola oleh petugas toko buku/admin, yang bertugas meng-update segala informasi yang akan diberikan oleh sistem. Maka untuk menjaga keamanan data yang tersimpan dalam sistem, admin harus melakukan login untuk masuk ke dalam sistem.

Aplikasi ini menampilkan informasi berupa judul buku, nama pengarang, penerbit, sinopsis, harga buku, gambar buku dan kode rak dimana buku tersebut diletakkan. Proses mendapatkan informasi, konsumen mencari berdasar kategori yang disiapkan oleh sistem yaitu berdasar judul buku, atau nama pengarang.

Sistem yang dibuat dibatasi pada :

  1. Sistem memiliki fasilitas admin untuk mengelola data buku.
  2. Konsumen melakukan proses searching untuk mengetahui informasi buku yang akan dibeli dengan meng-input-kan keyword ke dalam sistem, yaitu judul buku, atau nama pengarang.
  3. Sistem menyajikan informasi berupa judul buku, nama pengarang, penerbit, sinopsis buku, harga buku, gambar buku, dan kode rak buku tersebut diletakkan.

Use Case Digram Admin


Use Case Digram Konsumen


Diagram Konteks

- Rancang desain databasenya (individu)

Conceptul Design

Logical Design

- Buat desain front end (individu)

Login Admin

Menu Utama Admin

Tambah Data (admin)

Halaman Utama Konsumen

Halaman Hasil Detail Pencarian

- Tentukan action yang akan mengandle logika back end. (individu)

Untuk Konsumen

  • (Get) Hasil Pencarian Buku
  • (Get) Hasil Pencarian Pengarang
  • (Get) Halaman Detail Buku

Untuk Admin

  • Koneksi
  • Login
  • (CRUD) Data Buku
  • (CRUD) Rak Buku
  • (CRUD) Pengarang
  • Ubah Password
  • Logout

- Implementasikan rancangan yang sudah dibuat (pilih salah satu - bisa kelompok maks 3)

- Buat video presentasinya, upload di youtube, dan didokumentasikan di blog.


Comments

Popular posts from this blog

PPL : Pertemuan 2

PPL : Pertemuan 7

PWEB A : HTML Undangan